Objek Wisata di Banjarmasin yang Harus Anda Jelajahi

Objek wisata di Banjarmasin mungkin tidak terlalu populer jika dibanding dengan tempat – tempat wisata kota lainnya di Pulau Kalimantan. Tapi hal tersebut bukan berarti di Banjarmasin tidak ada objek – objek wisata yang menarik. Justru karena belum terlalu banyak yang dijelajah, maka ini adalah kesempatan besar bagi Anda untuk mengunjungi lokasi wisata di Banjarmasin.

Objek wisata di Banjarmasin yang bisa Anda coba jelajahi

  1. Pasar Terapung di Sungai Barito, Kuin Utara
Objek Wisata di Banjarmasin Pasar Terapung di Sungai Barito, Kuin Utara

Objek Wisata di Banjarmasin Pasar Terapung di Sungai Barito, Kuin Utara

Tidak perlu jauh – jauh ke Thailand atau Vietnam untuk mencoba sensasi membeli buah atau sayur di pasar terapung. Karena di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, juga ada pasar terapung.

Objek Wisata di Banjarmasin Pasar Terapung di Sungai Barito, Kuin Utara

Objek Wisata di Banjarmasin Pasar Terapung di Sungai Barito, Kuin Utara

Anda bisa menjumpai objek wisata di Banjarmasin ini dengan meyambangi Sungai Barito di Kuin Utara.

  1. Masjid Sultan Suriansyah, Kuin Utara

Masih di Kuin Utara, selain melihat aktivitas jual beli yang unik di pasar terapung, Anda juga dapat menjumpai Masjid Sultan Suriansyah.

Objek Wisata di Banjarmasin Masjid Sultan Suriansyah, Kuin Utara

Objek Wisata di Banjarmasin Masjid Sultan Suriansyah, Kuin Utara

Bagi Anda khususnya wisatawan muslim rasanya ada yang kurang jika tidak menyempatkan diri datang ke salah satu objek wisata di Banjarmasin ini. Mengapa ? Karena selain menjadi masjid yang pertama didirikan di Banjarmasin, Masjid Sultan Suriansyah tersebut juga memiliki arsitektur yang menawan.

  1. Museum Wasaka, Kampung Kenang Ulu

Objek wisata di Banjarmasin selanjutnya adalah Museum Wasaka. Apa itu Wasaka ? Wasaka ternyata merupakan akronim dari “Waja Sampai Kaputing” yang tak lain adalah semboyan masyarakat Kalimantan Selatan.

Objek Wisata di Banjarmasin Museum Wasaka, Kampung Kenang Ulu

Objek Wisata di Banjarmasin Museum Wasaka, Kampung Kenang Ulu

Salah satu alasan mengapa Anda harus mengunjungi Museum Wasaka adalah karena hanya di sini Anda bisa melihat secara langsung naskah teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang berbeda dari teks proklamasi yang sering kita dengar. Teks yang ada di Museum Wasaka tersebut tidak salah, perbedaan isi naskah ini terjadi karena Kalimantan baru menyatakan kemerdekaannya pada 17 Mei 1949, kurang lebih empat tahun setelah Indonesia merdeka.

  1. Pulau Kembang

Sungai Barito tidak hanya dihiasi oleh pasar terapung, karena di tengah – tengah salah satu sungai terbesar di Indonesia ini juga terdapat pulau, namanya Pulau Kembang.

Objek Wisata di Banjarmasin Pulau Kembang

Objek Wisata di Banjarmasin Pulau Kembang

Objek wisata di Banjarmasin ini adalah tempat bermukimnya beragam satwa, khususnya monyet dan burung. Tak jarang jika Anda ke Pulau Kembang Anda akan disambut oleh sekawanan monyet. Seperti halnya monyet – monyet di berbagai kawasan alami Indonesia lainnya, monyet di Pulau Kembang ini cukup jahil terhadap wisatawan. Maka dari itu Anda harus waspada. Meski monyet – monyet di sini jahil, sebaiknya Anda tidak mengusik apalagi melukai mereka.

Tips mengunjungi objek wisata di Banjarmasin    

Banjarmasin masih banyak memiliki hutan dan sungai, wisata alamnya juga masih asri. Dengan kondisi demikian, ada sisi positif dan ada juga sisi negatifnya. Sisi positifnya, Anda bisa mengunjungi objek wisata di Banjarmasin yang belum terlalu banyak orang yang tahu. Sisi negatifnya, Anda harus memiliki persiapan ekstra untuk menjelajahi Banjarmasin. Salah satu tips agar Anda sukses mengeksplorasi Banjarmasin adalah berwisata secara grup atau bersama teman – teman Anda, jangan sendirian. Akan lebih baik lagi jika Anda memiliki kenalan orang Banjarmasin atau paling tidak tahu betul seluk beluk lokasi wisata di Banjarmasin.

No Response

Leave a reply "Objek Wisata di Banjarmasin yang Harus Anda Jelajahi"