Peta Mudik DIGITAL GIS untuk IOS dan Android, sebagai alternative Guide mudik anda

Untuk mempermudah penggunaan peta perjalanan Mudik anda di tahun 2014, pemerintah melalui Departemen Perhubungan (KemenHub) membagikan informasi peta jalur mudik digital berformat GIS (geographic information system), yang memiliki tampilan peta digital maupun gambar citra satelit dan bisa di-download ke tablet.

Peta mudik digital bisa di akes http://gis.dephub.go.id/googlemap/rutemudik.htm, yang mengadopsi data Google Map dan Google Earth dan bisa di download untuk disimpan di tablet.

Halaman peta mudik Kemenhub tersebut dapat diakses dengan tablet maupun ponsel dan sajian informasi di peta mudik GIS tersebut terus di-update, yang terpenting adalah Ponsel memiliki komunikasi internet untuk mengakses Server GIS.

Misalnya saja ketika  Jembatan Comal di Kabupaten Pemalang (Jawa Tengah) putus, peta tersebut menyajikan jalur alternatif sepanjang 8 kilometer dengan rute  Jl. Urip Sumoharjo—Jl. Jenderal Sudirman—Jl Perintis Kemerdekaan dan bertemu kembali dengan jalur Pantura di sebelah timur jembatan Comal.

Dari arah Jakarta, sekitar 300 meter selepas Kodim 0711 Pemalang (terletak di sisi kiri), mobil diarahkan belok kanan melalui Jl.Urip Sumoharjo.

Sebaliknya dari arah Timur, sekitar 300 meter selepas SPBE Petarukan di pertigaan Gandulan, mobil diarahkan lurus menuju  Jl. Jenderal Sudirman.  Padahal, seharusnya belok kanan melalui jalur utama Pekalongan—Pemalang—Tegal.

Download Peta GIS dengan Offline Mode

Peta mudik GIS itu dapat diperbesar dan diperkecil seperti layaknya menikmati sajian  Google Map dan Google Earth.

Fitur pilihan tampilan peta dan citra satelit dapat dimanfaatkan secara bergantian dengan mengklik kotak dialog Map/Satellite di kanan atas.

Peta mudik GIS Kemenhub ini  bisa menjadia alternatif  panduan mudik Lebaran 2014.

Peta mudik GIS itu di-download dari laman http://gis.dephub.go.id/googlemap/rutemudik.htm itu bisa di-download ke tablet Android maupun iPad, sehingga setiap saat bisa dibuka tanpa akses Internet di mana pun dan kapan pun diperlukan.

Jika dengan komputer, tidak terlalu susah men-download tampilan peta tersebut karena browser yang digunakan memiliki fitur itu.

Agak menjadi masalah jika harus mengaskes laman http://gis.dephub.go.id/googlemap/rutemudik.htm dengan tablet, kemudian menyimpannnya untuk dilihat secara offline tanpa askes Internet.

Untuk itu diperlukan aplikasi tambahan dan bisa dipasang secara gratis, seperti  Save This Page untuk tablet Android dan iSaveWeb untuk iPad dan iPhone.

Silakan download dan pasang kedua aplikasi itu dari GooglePlay dab AppleStore. Setelah apliaksi penyimpan webpage itu terpasang, buka lamanhttp://gis.dephub.go.id/googlemap/rutemudik.htm.

Caranya, perkecil tampilan peta hingga titik minimal dengan menggeser fitur zooming ke titik minus, kemudian simpan web page peta mudik itu sesuai instruksi aplikasi yang Anda pakai.

Penulis, menggunakan iSaveWeb Pro untuk menyimpan peta mudik GIS itu ke iPad Mini. Caranya cukup mudah, karena begitu laman muncul, tinggal klik SAVE  untuk menyimpan peta mudik GIS itu ke iPad Mini.

No Response

Leave a reply "Peta Mudik DIGITAL GIS untuk IOS dan Android, sebagai alternative Guide mudik anda"