Tempat Wisata di Pasaman yang Wajib Dikunjungi Ketika Liburan di Sumatera Barat

Tempat wisata di Pasaman memang belum banyak yang tahu. Tapi meskipun belum banyak yang tahu bukan berarti tidak ada. Sebab di Pasaman yang secara geografis berada di wilayah Sumatera Barat ini menyimpan pesona wisata yang siap untuk lebih dieksplorasi. Potensi di bidang pariwisata di Kabupaten Pasaman cukup tinggi, meliputi wisata alam, wisata budaya, wisata religi dan wisata sejarah.

Beberapa tempat wisata di Pasaman yang harus Anda kunjungi

  1. Komplek Wisata Rimbo Panti
Objek Wisata Air Panas di Rimbo Panti

Objek Wisata Air Panas di Rimbo Panti

Tempat wisata di Pasaman yang harus masuk dalam daftar destinasi wisata yang harus dikunjungi adalah Rimbo Panti. Lokasinya tidak terlalu jauh dari kota Padang, jadi jangan sampai melewatkan kesempatan berkunjung ke Rimbo Panti jika sudah sampai di Padang. Memang ada apa ya di Rimbo Panti ? Jangan meremehkan objek wisata ini ya ! Di kawasan wisata Rimbo Panti Anda dapat menjumpai taman yang sangat luas, kurang lebih sekitar 500 hektar.

Objek wisata air panas di rimbo panti

Objek Wisata Air Panas di Rimbo Panti

Dengan lahan seluas itu, Anda dapat memanjakan mata Anda untuk menyaksikan beragam flora dan fauna yang ada di Rimbo Panti. Tak sedikit pula koleksi tanaman dan satwa langka yang dimiliki komplek wisata Rimbo Panti di Pasaman, Sumatera Barat ini.

  1. Monumen Equator atau Tugu Khatulistiwa
Monumen Equator atau Tugu Khatulistiwa

Monumen Equator atau Tugu Khatulistiwa

Seperti telah diketahui bersama, beberapa daerah di Indonesia dilalui garis khatulistiwa atau garis horizontal yang membagi bumi menjadi dua bagian, utara dan selatan. Nah, salah satu daerah yang dilalui garis khatulistiwa ini adalah Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman. Maka dari itu, di sini dibangun Monumen Equator atau Tugu Khatulistiwa. Monumennya berbentuk bola dunia atau globe dengan ukuran yang relatif besar. Aktivitas yang asyik dilakukan ketika berada di salah satu tempat wisata di Pasaman ini tentu saja berfoto di depan bola dunia simbol Tugu Khatulistiwa tersebut. Selain itu saat Anda di kawasan Monumen Equator, Anda bisa mendapat sertifikat yang menyatakan bahwa Anda telah sampai di garis khatulistiwa Indonesia yang berada di Pasaman ini.

  1. Bukik Tujuah atau Bukit Teletubies
Bukik Tujuah atau Bukit Teletubies

Bukik Tujuah atau Bukit Teletubies

Bukik atau Bukit Tujuah menjadi rujukan tempat wisata di Pasaman selanjutnya. Lokasinya terletak di Kecamatan Rao Selatan, Kabupaten Pasaman. Selain dikenal sebagai Bukit Tujuah, objek wisata alam ini juga dijuluki sebagai Bukit Teletubies. Indahnya panorama perbukitan yang dihiasi hamparan hutan yang kehijauan mengingatkan kita pada bukit yang sama seperti yang ada pada acara anak – anak Teletubies di televisi.

Tips mengeksplorasi potensi tempat wisata di Pasaman

Bagaimana, tempat wisata di Pasaman bagus, bukan ? Meski masih ada yang perlu ditingkatkan fasilitas wisatanya di sana – sini, tapi potensi wisata di Pasaman layak untuk semakin diangkat agar Indonesia semakin dikenal mempunyai objek wisata yang jempolan. Salah satu keuntungan berwisata di Pasaman adalah jarak antara lokasi wisata yang satu dengan yang lainnya tidak terlampau jauh. Misalnya di dekat Monumen Equator juga masih ada Museum Tuanku Imam Bonjol. Jadi setelah berkunjung ke monumen garis khatulistiwa, jangan langsung pulang, tapi mampir juga ke Museum Tuanku Imam Bonjol. Di sini Anda bisa menyaksikan benda – benda bersejarah milik Tuanku Imam Bonjol dan pejuang lainnya yang digunakan sewaktu perang mengusir penjajah.

No Response

Leave a reply "Tempat Wisata di Pasaman yang Wajib Dikunjungi Ketika Liburan di Sumatera Barat"