Warna-warni ikan dan tantangan reef break di pantai krakal gunung kidul

Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Selain wisata budayanya, Yogyakarta juga memiliki beberapa objek wisata alam yang menarik banyak wisatawan untuk berwisata kesana. Salah satu objek wisata alamnya adalah pantai krakal yang merupakan pantai di kabupaten Gunung Kidul.

Pantai krakal Gunung Kidul

Pantai krakal Gunung Kidul

 

Pantai krakal Gunung Kidul

Pantai krakal Gunung Kidul

Gunung Kidul memang memiliki deretan pantai di laut dengan daya tarik tersendiri, salah satunya seperti di pantai Krakal Gunung Kidul. Pantai Krakal di Gunung Kidul memang sudah lama terkenal sebagai pantai di ujung di selatan Yogya yang memiliki keindahan yang menyedot banyak perhatian.

Warna-warni ikan di Pantai Krakal Gunung Kidul

 

Pantai krakal Gunung Kidul

Pantai krakal Gunung Kidul

Pantai Krakal Gunung Kidul memiliki garis pantai yang landai. Pantai ini memiliki pasir putih dan hempasan ombak yang jernih. Pantai ini dihiasi dengan batu karang yang berada di sebagian besar bibir pantainya. Bebatuan karang menjadi rumah bagi berbagai jenis ikan dengan warna-warni yang menarik. Ikan-ikan yang berada di batu karang ini diantaranya ikan damselfish, ikan butterflyfish, ikan-ikan kecil, dan juga bintang laut. Ikan damselfish adalah ikan kuning yang memiliki akses biru di punggung.

Sedangkan ikan butterflyfish atau dikenal juga dengan nama ikan kepe-kepe adalah ikan dengan garis-garis biru tua dan biru muda. Ikan-ikan kecil yang suka berenang di bebatuan pantai krakal adalah ikan kecil yang berwarna biru terang. Warna-warni ikan yang berenang di antara batu karang ini menjadi pemandangan yang menarik. Selain di pinggiran pantai, di lepas pantai krakal terdapat batu karang yang menyembul ke permukaan. Sembulan batu karang seolah membentuk sebuah jalan setapak di lautan. Beberapa nelayan yang melintas di deretan panjang batu karang ini seringkali melepas joran untuk menangkan umbel, sejenis hewan laut. Umbal ini biasa diolah menjadi makanan berupa rempeyek yang gurih.

Ombak di pantai Krakal Gunung Kidul

Pantai krakal Gunung Kidul

Pantai krakal Gunung Kidul

 

Pantai krakal Gunung Kidul

Pantai krakal Gunung Kidul

Pantai krakal Gunung Kidul

Pantai krakal Gunung Kidul

Pantai krakal Gunung Kidul tak hanya memiliki pemandangan pantai yang eksotis. Pantai krakal juga mempunyai ombak yang cocok untuk bermain selancar. Untuk bermain dengan ombak pantai krakal, surfer atau peselancar, terlebih dahulu berjalan menuju deretan batu karang di lepas pantai untuk selanjutnya dapat menyongsong ombak pantai krakal. Ombak pantai krakal adalah ombak dengan tipe reef break. Bermain ombak reef break di pantai krakal merupakan kegiatan selancar yang cukup menantang. Surfer harus sangat berhati-hati karena dasar laut pantai krakal didominasi oleh batu karang. Waktu terbaik untuk bermain ombak di pantai krakal adalah antara bulan maret dan September. Antara bulan ini adalah saat dry season dan merupakan waktu terbaik untuk menunggu barrel ombak di pantai krakal di Gunung Kidul.

No Response

Leave a reply "Warna-warni ikan dan tantangan reef break di pantai krakal gunung kidul"